Tanggul Galian Pasir Jebol, Lima Selamat, 1 Pekerja Hilang Tertimbun

CIANJUR, ruber.id — Saeful, 40, alias Epul dikabarkan tertimbun pasir di lokasi galian di Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pekerja tambang pada bagian produksi pengaturan gas mesin Pinton ini merupakan warga Kampung Cimanggu, Desa Tititas, Kecamatan Cimangkok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BACA JUGA: Status Level 1, Basarnas Bandung Terjunkan Tim Rescue ke Gunung Tangkuban Parahu

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Deden Ridwansyah menyebutkan, pihaknya menerima laporan kejadian membahayakan manusia ini pada Senin (2/12/2019) sekitar jam 12.30 WIB.

“Korban merupakan seorang pekerja tambang di lokasi tersebut,” kata Deden melalui rilis yang diterima ruber.id, Senin sore.

Setelah menerima laporan tersebut, kata Deden, Basarnas Bandung, langsung menerjunkan satu tim rescue pada jam 16.00 WIB, dengan estimasi tiba di lokasi pada jam 19.00 WIB.

Deden menjelaskan, menurut laporan yang diterima, kronologis kejadian berawal dari enam orang pekerja bagian produksi sedang melakukan pekerjaan di galian tambang pasir lahan PT Triadi yang di kelola oleh Habib Fuad dan H Muhammad Gora.

Lokasi galian terletak di Kampung Awilarangan RT 01/06, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.

Saat kejadian, kata Deden, di sekitar area penggalian mengalami jebol tanggul.

Akibatnya, korban hilang tertimbun pasir, sedangkan lima orang rekan korban berhasil menyelamatkan diri.

Saat kejadian, dilaporkan, lima korban berhasil naik ke atas dan satu lainnya, yaitu Saeful, yang berada di paling bawah galian bersama mesin ponton dan juga satu unit bekho tertimbun longsoran lumpur.

Deden menambahkan, satu tim rescue yang diterjunkan ke lokasi dilengkapi perlengkapan berupa satu unit rescue compartment, peralatan SAR air, peralatan ekstrikasi.

Selain itu, lanjut Deden, tim juga dilengkapi satu set peralatan Alkon, satu set peralatan medis dan satu set peralatan komunikasi.

Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam pencarian oleh unsur yang sudah berada di lapangan. luvi

Baca berita lainnya: Basarnas Bandung Siap Bantu Kelancaran Operasional Bandara Kertajati