Pilkada Depok 2020: Mau Jadi Anggota KPPS? Ini Proses dan Syarat Ketentuannya

KOTA DEPOK, ruber.id — KPU Kota Depok, Jawa Barat akan segera membuka seleksi calon Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada 2020.

Nantinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok juga akan memperketat proses seleksi calon anggota KPPS.

Seleksi calon KPPS ini dikhususkan untuk kesehatan jasmani dan rohani sebelum direkrut oleh KPU Kota Depok.

BACA JUGA: Pilkada Kota Depok 2020, Hasil Survei UI: Warga Makin Tak Percaya Partai Politik, Iwan Fals Dijagokan

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna menyebutkan, pemeriksaan kesehatan calon peserta KPPS untuk Pilkada 2020 Kota Depok ini ditujukan agar pengalaman banyaknya anggota KPPS yang meninggal dunia pada saat Pemilu 2019 lalu, tidak terulang kembali.

“Pemeriksaan kesehatan wajib, itu bagian dari persyaratan seleksi perekrutan KPPS nanti,” kata Nana.

Meski begitu, kata Nana, KPU Kota Depok akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terkait teknis pemeriksaan kesehatan KPPS nanti.

Nana menjelaskan, koordinasi ini dalam bentuk meminta bantuan Dinkes Kota Depok untuk siap siaga membantu pemeriksaan kesehatan KPPS saat perekrutan dan pelaksanaan Pilkada Depok 2020.

“Menyiapkan tim medis sih tidak ya, tapi kalau koordinasi dengan Dinkes Kota Depok itu pasti. Kami terus membangun koordinasi ke depannya dengan Dinkes, bangun kerjasama dengan semua UPT Puskesmas,” ujar Nana.

Pada intinya, kata Nana, faktor kesehatan dari penyelenggara Pilkada di tingkat bawah akan dijadikan perhatian khusus oleh KPU Kota Depok.

Nana menyebutkan, untuk petugas di lapangan saat penyelenggaraan Pemilihan Kepala daerah di Kota Depok nanti, ada 3417 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di mana, lanjut Nana, satu TPS ada sembilan hingga tujuh orang KPPS dan dua petugas keamanan TPS.

“Info tambahan ada pembatasan usia, peraturan masih dibahas di pusat. Kita tunggu saja,” ucap Nana.

Nana menambahkan, untuk pendaftaran KPPS sendiri akan dilaksanakan pada Juni hingga Agustus 2020.

Tentunya, kata Nana, warga Kota Depok yang ingin mendaftarkan diri sebagai KPPS harus mengikuti persyaratan sesuai aturan yang ada.

“Untuk rekruitmen KPPS nanti di bulan Juni sampai Agustus 2020. Untuk upah nanti kami kabarkan. Tapi Insya Allah, ada perbaikkan lah dari Pemilu 2019 kemarin,” kata Nana. moris

Baca berita lainnya: Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Jabar Gencar Sosialisasi