ruberSPORT — Tim sepak bola PSGC Ciamis yang kini berlaga di Liga 2 Indonesia grup barat tengah mengalami penurunan performa.

Ini terlihat dari posisi PSGC di klasemen sementara, di mana klub kebanggaan warga Tatar Galuh ini berada di zona degradasi.

Salah satu penyebab turunnya performa tim, disinyalir terus berkurangnua dukungan suporter untuk datang ke Stadion Galuh, Kabupaten Ciamis.

Sehingga, para pemain PSGC Ciamis melakukan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah, guna menggalang dukungan suporter dari para pelajar.

Diharapkan, melalui program PSGC Goes to School ini, pelajar di Ciamis datang ke Stadion Galuh, Ciamis pada Rabu (4/9/2019).

Pada Rabu besok, PSGC Ciamis bakal menjamu klub, Sriwijaya FC.

Diketahui, dari 13 laga PSGC Ciamis, 10 di antaranya, Laskar Galuh menelan kekalahan, 1 kali seri dan hanya 2 kali menang.

Saat ini, PSGC Ciamis berada di posisi ke 11 klasemen sementara grup barat.

Jumlah penonton laga kandang PSGC Ciamis yang terus menurun, membuat Panpel terus mengalami kerugian.

Penjualan tiket tidak mampu menutup resiko penyelenggaraan pertandingan.

Rasa memiliki dan kebanggaan akan klub lokal Ciamis dinilai sangat rendah.

Upaya PSGC Ciamis Goes to School ini untuk memperkenalkan PSGC ke sejumlah sekolah di Ciamis.

Panpel PSGC Ciamis Ani Supiani mengatakan, masih banyak yang belum mengetahui PSGC yang kini berlaga di liga kasta kedua, atau di bawah liga utama di Indonesia, yaitu Liga 1.

“Kami ingin mengenalkan tim kebanggaan, PSGC Ciamis sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap masyarakat terutama di kalangan pelajar,” ujarnya.

Beberapa sekolah yang dikunjungi yaoti SMAN 1, SMAN 2, SMPN 2, SMAN 3, SMK 2, SMPN 4, SMA Informatika hingga Ponpes Darussalam.

“Kegiatan ini adalah upaya semua pemain PSGC untuk bersilaturahmi, berkenalan dan mendekatkan diri dengan para pelajar yang ada di wilayah Ciamis,” katanya.

Pelajar, kata Ani, merupakan salah satu target potensial untuk mengisi tribun Stadion Galuh.

Dengan menanamkan fanatisme lebih dini ke para pelajar, sekaligus menularkan loyalitas dan rasa cinta pada tim sepak bola asal Ciamis.

“Hari ini kami sosialisasi di delapan sekolah. Alhamdulilah, antusias siswa di semua sekolah cukup bagu. Mudah-mudahan, nanti pada saat laga lawan Sriwijaya bisa datang ke stadion mendukung secara langsung,” ucapnya.

Kedatangan para penggawa PSGC Ciamis ini membuat pelajar antusias. Bahkan, beberapa di antaranya menyempatkan diri untuk foto bareng para pemain.

Tak tanggung-tanggung, Panpel PSGC Ciamis juga memberi diskon tiket masuk stadion bagi pelajar.

Untuk tribun timur, kata dia, dari harga normal Rp25.000, khusus pelajar hanya Rp7500.

Salah seorang pemain PSGC Ciamis, Ganjar Kurniawan mengaku cukup kaget dengan antusiasme pelajar Ciamis terhadap PSGC.

Diharapkan, pada pertandingan kandang melawan Sriwijaya FC bisa hadir dan memberi dukungan.

“Kami minta dukungan dan doa dari semuanya, pelajar dan masyarakat Tatar Galuh. Insya Allah, kami akan berusaha maksimal di pertandingan nanti,” sebutnya. dang