SUMEDANG, ruber.id — Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kreativitas warga, Kodim 0610/Sumedang menggelar lomba kerajinan berbahan bambu dan paduan suara.

Lomba terbuka bagi seluruh warga Kabupaten Sumedang ini digelar dalam rangka komunikasi sosial kreatif untuk meningkatkan kreativitas warga binaan dan sebagai upaya TNI untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

BUAH karya warga Sumedang ikuti lomba yang diselenggarakan Kodim 0610/Sumedang, Kamis (15/8/2019). luvi/ruang berita

Sebelum dilaksanakan penilaian pada lomba kerajinan berbahan bambu oleh Tim Dewan Juri, Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah meninjau satu persatu buah tangan warga Sumedang ini.

“Saya selaku penanggung jawab pelaksanaan lomba sangat megapresiasi antusiasme peserta dalam mengekspresikan imajinasinya untuk megimplementasikannya dalam satu karya seni yang sangat bernilai dan merupakan satu ciri kekayaa budaya bagsa kita,” ucapnya kepada ruber, Kamis (15/8/2019).

Saat ini, kata Dandim, banyak aneka ragam kerajinan yang dibuat para peserta atau seniman dari bambu yang sangat bernilai.

Seperti kerajinan panahan, tampah dan bakul, alat seni karinding, pot bunga serta cangkir bambu, bahkan aksesoris lainnya seperti kapal laut mainan.

“Dari kesemua kerajinan ini juga tentunya sangat bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Sehingga bisa dijadikan sebagai modal dasar para peserta dalam membuka usaha di lingkungan tempat tinggalnya,” sebutnya.

Sementara itu, pelaksanaan lomba sendiri dibuka langsung oleh Pasiterdim 0610/Sumedang Kapten Inf. Lesli Darmawan.

Dalam sambutannya, Lesli menyebutkan, kegiatan lomba kerajinan dari bambu ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan komsos kreatif triwulan III tahun 2109.

“Lomba ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari tiap koramil jajaran Kodim 0610/Sumedang. Dan untuk pelaksanaan lomba kerajinan dari bambu dlaksanakan di Makodim 0610/Sumedang,” tuturnya.

Sedangkan, kata Lesli, utuk lomba paduan suara akan diseleggarakan di SMAN 1 Tanjungsari, besok, Jumat (16/08/2019).

Untuk yang saat ini menjadi juara, kata Lesli, akan diikutsertakan ke tahap selajutnya sebagai peserta atau kontestan wakil dari Kodim 0610/Sumedang di tingkat Korem dan Kodam.

“Untuk tingkat Kodim seperti yang sudah dinilai oleh juri, juara 1 pengrajin Desa Sukajaya, juara II alat seni karinding Cimanggung, juara III pengrajin cangkir bambu dari Cisitu,” katanya. luvi

loading…