SUMEDANG, ruber — Sebagai upaya untuk menyatukan seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dalam waktu dekat akan digelar event seni budaya bertajuk Jatinangor Festival atau Jafes 2019.

Mengusung tema Ngahijikeun Rasa Ngawangun Tatanan, Jafes 2019 yang akan digelar 24-25 Agustus ini didukung penuh Pemerintah Kecamatan Jatinangor dan berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari OKP, Ormas dan komunitas di Jatinangor.

Panitia Jafes 2019 Piping mengatakan, Jatinangor Festival 2019 merupakan sebuah pagelaran berkonsep penggabungan antara kesenian daerah, tradisi dan budaya lokal.

Melalui pagelaran ini, diharapkan dapat mendongrak perekonomian masyarakat Jatinangor di bidang seni dan budaya.

Selain itu, kata Piping, Jafes 2019 diharapkan menjadi role model pelaksanaan Jafes berikutnya.

“Ini akan jadi moment yang sakral bagi kami, karena di Jafes 2019 kali ini berbeda dengan Jafes di tahun-tahun sebelumnya.”

“Jafes kali ini akan kami jadikan role model dan SOP pelaksanaan Jafes di tahun berikutnya, siapa pun yang melaksanakannya,” ucapnya, Senin (12/8/2019).

Piping menyebutkan, kegiatan Jafes 2019 mempunyai filosopi yang sangat berhubungan dengan sejarah seni dan budaya di Jatinangor.

Sehingga, kata Piping, berbagai kegiatan yang akan digelar di Jafes 2019 ini dipastikan penuh makna.

“Rangkaian Jafes 2019 akan dimulai dari 18 Agustus. Dimulai dengan pelaksanaan Ngaruat Jagat berupa kegiatan beberesih walungan yang mempunyai filosofi air sebagai sumber kehidupan.”

“Sehingga kita akan menjaga air agar tetap bersih, dan mudah-mudahan masyarakat bisa meneruskan untuk selalu tetap menjaga kebersihan sungai,” ujarnya.

Sementara, kata Piping, pada 24 dan 25 Agustus 2019 beberapa kegiatan akan digelar. Mulai dari Helaran Pesta Rakyat, Pagelaran Seni, Pameran Kriya dan Rupa.

Lalu, akan ada Lomba Menembak, Gempungan Budaya, Lomba Panahan Tradisional Padjadjaran, Lomba Sumpit, Lomba Katapel dan Pagelaran Wayang Golek.

“Alhamdulillah, untuk berbagai kegiatan yang akan kami laksanakan ini mendapat respon positif. Bahkan, berbagai perlombaan yang akan digelar sudah banyak yang mendaftar.”

“Rencananya, akan diikuti oleh peserta dari Sumedang dan luar Sumedang seperti Cirebon, Tasik, Jogjakarta dan banyak lagi,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Pipin, Jafes 2019 didukung oleh Organisasi kepemudaan (Okp) dan Organisasi kemasyarakatan (Ormas) serta komunitas yang ada di Kecamatan Jatinangor bersama dengan pemerintah kecamatan dan desa.

“Mulai dari unsur Forkopimda Kecamatan Jatinangor, Forum Sekdes, berbagai OKP, Ormas dan komunitas mendukung penuh acaranya ini,” tuturnya.

Adapun, lanjut Pipin, Ormas, OKP dan komunitas yang mendukung Jafes 2019 di antaranya Pemuda Pancasila, Ansor, Banser, XTC, Brigez, Moonraker, FKPPI, Manggala, Sundawani, Viking, Sundawani Wirabuana, JOOC, PWJ.

Kemudian Pabeci, Pecin 86, Cipacing Kreatif, Putra Putri Padi Jabar, Mojang Jajaka Sumedang, Sunda Mentang, Ngapak Nenggala, Katepel Bandung Timur, Oi Jatinangor, Halsen dan lain-lain.

Sementara, Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar mendukung dan mengapresiasi Jafes 2019.

Di mana, kata Syarif, ini akan menjadi moment yang sangat bagus untuk mewujudkan Jatinangor Hade Kasohor.

“Dengan kegiatan positif yang didukung oleh seluruh element masyarakat, bagi kami ini sangat kami tunggu. Semoga saja kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses, dan Insya Allah, kami akan jadikan kegiatan ini masuk kalender kegiatan tahunan,” ucapnya. luvi

loading…