DUA calhaj asal Ciamis menggunakan kursi roda menuju embarkasi, Bekasi dari Islamic Center, Ahad (7/7/2019) siang. dang/ruang berita

CIAMIS, ruber — Ribuan warga melepas haru keberangkatan 410 calon jamaah haji asal Kabupaten Ciamis menuju asrama haji, embarkasi Bekasi, Ahad (7/7/2019) siang.

Keberangkatan ratusan calon haji kloter pertama ini dilepas Bupati Ciamis Herdiat Sunarya ini diwarnai tangis haru, Islamic Center Ciamis.

Sejak Ahad pagi, ribuan pengantar calon haji berasal dari berbagai pelosok di Ciamis, sudah berkumpul di halaman parkir gedung Islamic Center Ciamis.

Pintu masuk depan dan belakang mendapat penjagaan petugas kepolisian, supaya anggota keluarga yang mengantar tak ikut masuk ke ruangan tempat berkumpul calon jamaah haji.

Setelah dilepas oleh bupati Ciamis, setiap rombongan dipanggil untuk masuk ke bus pengantar.

Saat calon jamaah haji keluar langsung disambut tangis haru oleh keluarga dan kerabat yang mengantar.

Terdengar suara menyerukan nama orang tua maupun kerabatnya yang akan berangkat ibadah haji.

Ada beberapa calon haji di antaranya yang sempat menghampiri pengantar hanya sekedar bersalaman dan memeluk, sambil meneteskan air mata.

Sebagai tanda mereka akan berpisah sementara selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Seperti yang dilakukan Syahrul, 14, warga Rawa, Kecamatan Lumbung, Ciamis yang memanggil orang tuanya saat keluar dari pintu IC menuju bus.

Sontak, sang bapak Alimin langsung menghampiri dan memeluk sambil bersalaman. Terlihat matanya berkaca-kaca dan berlinang air mata.

“Ya sedih ditinggal bapak, tapi senang bapak bisa ibadah haji untuk yang pertama kalinya.”

“Semoga ibadahnya di tanah suci lancar dan bisa kembali ke Indonesia dengan sehat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Ciamis Agus Abdul Kholik menjelaskan keberangkatan calon haji Ciamis dibagi tiga kloter.

Untuk kloter pertama atau kloter 08 ini diberangkatkan sebanyak 410 orang, terdiri dari 404 jamaah dan 6 orang petugas kloter dan TPHD.

“Insya Allah, semuanya berangkat meski ada 2 jamaah yang menggunakan kursi roda. Berangkat dari Ciamis menggunakan 10 bus menuju embarkasi Bekasi,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berpesan kepada seluruh calon haji untuk menjaga kesehatannya karena Makkah cuacanya cukup ekstrem.

“Ibadah haji membutuhkan fisik, mental, spiritual dan materi. Bekal sudah dipersiapkan semoga ibadahnya di sana berjalan lancar.”

“Selalu berkomunikasi dengan petugas di sana, bila ada hal yang kurang jelas atau apapun.”

“Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mudah-mudahan semua sehat dan bisa kembali ke tanah air,” katanya. dang

loading…