PANGANDARAN, ruber — Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dibuka hingga 28/10/2018. GMHP bertujuan untuk menyempurnakan Data Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pangandaran.

Kasubag Teknis dan Humas KPU Kabupaten Pangandaran Wawan Cahyana mengatakan, sebelumnya, pihaknya telah melakukan monitoring serentak untuk memastikan bahwa tidak ada satupun warga yang tidak masuk ke dalam DPT.

"Kami pun mengecek ke para pejabat, tokoh masyarakat, untuk memastikan sudah terdaftar atau belum. Jadi bisa melihatnya lewat aplikasi," ujarnya kepada ruber, Kamis (18/10/2018).

Wawan menuturkan, warga bisa melakukan pengecekan melalui www.lindungihakpilihmu.KPU.go.id melalui ponsel.

"Kalau di aplikasi tersebut belum terdafta, maka, datang langsung ke PPS, PPK atau KPU Kabupaten Pangandaran," tuturnya.

Selain itu, kata Wawan, masayrakat juga bisa mengecek melalui aplikasi android KPU RI Pemilu 2019 yang bisa diunduh secara gratis melalui Play Store.

Cukup dengan memasukan nomor KTP, dan hasilnya dapat diketahui secara langsung.

Wawan menambahkan, pihak KPU Pangandaran pun terus berkoordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Pangandaran untuk memastikan jumlah DPT. Jangan sampai ada satupun warga yang memilik hak pilih, tapi tidak masuk DPT.

"Sebelumnya, jumlah DPT Kabupaten Pangandaran mencapai 315.905, dari jumlah sebelumnya yang mencapai 316.218 pemilih," katanya. dede ihsan