BANDUNG, ruber – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima kedatangan tim Ekspedisi Jalur Darat Asosiasi Pemerintah Provinsi Indonesia (APPSI) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (8/10/2018).

Tim ekspedisi APPSI menyambangi Gedung Sate karena tertarik untuk menggali berbagai potensi komoditas unggulan dan pariwisata di Jabar. Emil –sapaan Ridwan Kamil- merupakan gubernur ke-13 yang ditemui oleh tim Ekspedisi APPSI dari 34 gubernur yang akan disambangi.

Emil mengapesiasi kedatangan tim Ekspedisi APPSI dan menilai pertemuan ini merupakan upaya konkret untuk membuka keran kerja sama yang bisa dilakukan antar-daerah, terutama untuk perdagangan regional.

"Pada dasarnya kami berharap dengan sebuah kekompakan daerah ini bisa saling mengisi. Sering kali karena informasinya tidak memadai maka banyak keputusan yang diambil tidak saling menguntungkan," kata Emil dalam rilis yang diterima ruber.

Emil mencontohkan banyak produk komoditas yang diimpor dari luar negeri. Padahal komoditas tersebut ada di provinsi lain di Tanah Air.

"Ini betul-betul butuh koneksi saja. Tim ini saya harapkan bisa menjadi 'penjahit' mengkonek (menyambungkan) potensi ekonomi yang sekarang slow karena nggak ngerti beli kemana jual kemana," harapnya.

Sementara itu Ketua Tim Ekpedisi APPSI, Kiagus Firdaus mengatakan, bahwa melalui ekspedisi ini akan dibuat tabulasi suply-demand berbagai komoditas. Tabulasi ini menjadi pedoman sinergi kerjasama perdagangan antardaerah.

"APPSI ingin dengan adanya wadah 34 gubernur ini dapat membuat tabulasi suply-demand yang selama ini tidak terkoneksi dengan baik, semuanya langsung menuju Jakarta," kata Kiagus.

Selain itu, tujuan ekspedisi ini juga diharapkan bisa mengupas atau mengeksplorasi apa yang dimiliki Jawa Barat agar terekspos ke daerah lain seperti untuk potensi pariwisata. taufik