Rasakan Tubuh Sehat dan Kuat dengan Konsumsi Bawang Hitam

Rasakan Tubuh Sehat dan Kuat dengan Konsumsi Bawang Hitam
Bawang Hitam baik untuk kesehatan tubuh. Foto by Pixabay Istockphoto

BERITA TIPS, ruber.id Mungkin masih banyak yang belum mengenal bawang hitam. Tentunya kita lebih akrab dengan bawang putih.

Bawang hitam memang memiliki warna hitam. Namun berbeda dengan bawang putih, bawang hitam memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Rasanya pun manis dan asam.

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60–70 derajat Celsius selama 30–40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.

Berbagai senyawa bioaktif yang terkandung dalam bawang hitam memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).

Bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.

Baca juga:  Cara Menggunakan Garam untuk Kecantikan

Lalu, apa manfaat bawang hitam bagi kesehatan? Berikut beragam manfaat bawang hitam seperti dilansir dari Alodokter.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi.

Bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung koroner.

Mencegah Kanker