24.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Pilek Tiap Pagi Hari? Bisa Jadi Anda Terserang Rhinitis Alergi

TIPS & HOBI, ruber.id – Pernahkah Anda merasakan pilek disertai bersin-bersin di pagi hari? Memang, pilek disertai bersin-bersin, hidung gatal, tersumbat dan sakit kepala, merupakan kondisi yang umum dialami siapa pun.

Hanya saja, jika mengalami hal ini terus-terusan setiap pagi, Anda perlu waspada. Bisa saja itu tanda bahwa Anda terserang rhinitis alergi.

Rhinitis Alergi

Melansir dari halodoc, rhinitis alergi merupakan suatu kondisi alergi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap udara yang terhirup.

Saat mengalami reaksi alergi, sistem kekebalan tubuh menyerang partikel yang masuk ke tubuh sehingga Anda pun akan mengalami bersin dan gejala-gejala lainnya.

Gejala rhinitis alergi memang terlihat sama seperti flu biasa padahal kedua jenis penyakit ini berbeda.

Pengidap rhinitis alergi biasanya akan mengalami pilek pada pagi hari, dan gejalanya akan membaik menjelang siang hari.

BACA JUGA:  Inilah Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Pancaroba, Waspadalah!

Pengidap rhinitis alergi biasanya sangat sensitif terhadap penyebab alergi, seperti tungau, debu rumah, dan kotoran kecoa yang bercampur dengan debu.

BACA JUGA:  Gejalanya Mirip Flu, Waspadai Penyakit Meningitis Seperti Diderita Glenn dan Olga

Meski gejalanya hampir sama dengan flu, tetapi rhinitis alergi biasanya disebabkan faktor keturunan dan menyerang seseorang bila punya bakat alergi yang diturunkan oleh orangtuanya.

Umumnya rhinitis alergi berlangsung pagi hari selama 15-20 menit. Namun di negara tropis seperti Indonesia, rhinitis alergi bisa terjadi sepanjang tahun.

Perbedaan Flu dan Rhinitis Alergi

Flu dan rhinitis alergi tergolong jenis penyakit yang berbeda. Pengobatan untuk rhinitis alergi pada dasarnya paling mudah dan tepat adalah menjauhi penyebab alerginya.

Misalnya saja jika penyebab alerginya adalah debu, maka Anda harus menghindari tempat-tempat yang berdebu.

Anda juga harus membersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu, bulu hewan, atau jamur yang bisa menyebabkan alergi.

BACA JUGA:  Segudang Manfaat Yoghurt yang Wajib Anda Tahu, Atasi Jerawat hingga Osteoporosis

Bagi pengidap alergi ringan, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti antihistamin atau dekongestan.

Akan tetapi, jika Anda memiliki riwayat penyakit lain seperti asma, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Terlebih jika sedang hamil atau menyusui.

Cara-cara lain yang dapat dilakukan untuk menghalau alergi, di antaranya:

BACA JUGA:  Buah Rambutan, si Segar Manis yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Semprot Hidung dan Tetes Mata

Anda yang mengidap rhinitis alergi dapat menggunakan obat semprot hidung dan tetes mata untuk mengurangi rasa gatal dan gejala-gejala lain.

Tapi ingat, obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan efek buruk. Salah satunya menyebabkan infeksi jamur pada bagian belakang hidung.

Untuk obat tetes mata jika digunakan dalam jangka panjang dapat memicu efek rebound.

Jadi, jika Anda berhenti menggunakan obat setelah penggunaan lama, kondisi alergi akan lebih buruk dibandingkan sebelum menggunakan obat tersebut.

BACA JUGA:  Ide Menu Sarapan Praktis, Sehat dan Bergizi

Imunoterapi

Imuniterapi bisa dilakukan untuk meringankan alergi, jika alergi yang terjadi sudah masuk tingkat parah. Nantinya, dokter akan memberikan suntikan alergen ke tubuh. Hal itu untuk mengurangi kekebalan tubuh terhadap alergen.

Pada awal terapi, pengidap rhinitis alergi akan diberikan suntikan alergen selama enam bulan. Dosisnya 1-3 kali suntik setiap minggunya.

Selanjutnya, selama 3-5 tahun, kondisi dan reaksi tubuh terhadap alergi akan dipantau. Caranya, dengan mengeceknya tiap bulan hingga alergi mereda atau sembuh total.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang rhinitis alergi. Anda bisa mengecek sendiri apakah Anda termasuk yang mengidap rhinitis alergi.

BACA JUGA:  Bukan Serangan Jantung, Ini Penyebab Lain Nyeri Dada Sebelah Kiri

Kalau iya, Anda bisa mengikuti cara yang dianjurkan untuk menghentikan alerginya. Semoga bermanfaat! (R004)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles