23.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Daun Pepaya Ternyata Bisa Atasi Ketombe hingga DBD

Daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. net/ruber.id

ruber.id — Siapa yang tak tahu pohon pepaya? Ya, pohon yang memiliki daun dengan rasa pahit ini tumbuh subur di tanah Indonesia. Hampir di setiap daerah banyak ditemui pohon ini.

Tak heran, banyak yang memanfaatkan daunnya untuk dinikmati sebagai lalapan, tumis serta buntil.

Memang, tak semua orang menyukai daun ini, karena rasanya yang pahit. Namun, dibalik pahitnya daun pepaya, tersimpan sejumlah manfaat sehat yang telah dipercaya sejak lama.

BACA JUGA: Sering Mimisan? Waspada, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Berbahaya Ini

Selain bisa dijadikan olahan makanan, banyak manfaat lain dari daun pepaya. Berikut manfaat daun pepaya dilansir dari laman cnnindonesia.

1. Membersihkan pori-pori

Daun ini bisa dijadikan masker alami wajah. Ketika dioleskan pada kulit, jus daun ini dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Jika digunakan secara teratur dua kali seminggu, masker jus daun pepaya dapat membantu membersihkan jerawat dan mengatasi minyak berlebih di wajah.

2. Atasi ketombe

Selain dijadikan masker, daun ditumbuk bisa menjadikan kulit kepala sehat. Cukup ambil daun pepaya segar lalu tumbuk kasar atau cukup hancurkan dengan jari-jari.

Aplikasikan pada rambut sebelum menggunakan sampo. Setelah itu, gosok perlahan pada kulit kepala selama 5 menit lalu diamkan sejenak. Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan minyak di kulit kepala, kotoran di akar rambut, melembabkan kulit kepala, dan mencegah pembentukan ketombe.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Walaupun rasanya pahit, namun rebusan daunnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah yang akhirnya menurunkan total kolesterol dalam darah. Anda bisa menikmati makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol dibarengi dengan lalapan daun pepaya.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Daun ini juga ternyata dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mengatasi masalah seperti perut kembung, mulas, serta sembelit. Caranya yakni dengan dijus.

5. Mengurangi risiko diabetes

Perlu diketahui, daun pohon ini mengandung enzim yang mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh sehingga mampu menjaga kadar gula darah pada orang yang berisiko alami pradiabetes.

Daun pohon yang mudah ditemukan ini mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan organ hati dan ginjal yang sama-sama berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah. Tingkat enzim dan antioksidan akan lebih tinggi bila daun pepaya dikonsumsi mentah atau direbus dalam waktu singkat.

6. Meningkatkan trombosit

Bagi penderita demam berdarah, daun yang rasanya pahit ini bisa dijadikan obat. Karena, daun pepaya yang segar mengandung senyawa papain serta carocain yang dapat meningkatkan trombosit dan mengurangi infeksi pada penderita demam berdarah.

Untuk mengatasi DBD, disarankan mengonsumsi 25 ml jus daunnya sebanyak 2 kali sehari. Untuk membuat jusnya, ambil 5-10 lembar daun muda lalu cuci bersih dengan air mengalir. Blender daun bersama air. Setelah itu saring menggunakan kain saring agar airnya dapat diminum dengan mudah.

7. Mengurangi keram perut

Daun pepaya juga mampu mengurangi keram pada perut. Disarankan bagi wanita yang sedang menstruasi. Selain untuk keram perut, manfaat daun ini juga melancarkan peredaran darah, siklus menstruasi, serta menyeimbangkan hormon. red

Sumber: cnnindonesia

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles