Sunday, 5 Apr 2020

Kaki Kesemutan Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini, Jangan Sepelekan!

Baca Juga

Waspadai Baby Blues Setelah Melahirkan Akibat Kelelahan

Waspadai Baby Blues Setelah Melahirkan Akibat Kelelahan ruber.id -- Bagi pasangan yang baru saja memiliki momongan, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah baby blues....

Jadi Penumpang Ojek Online, Mahasiswi Cantik Unpad Jatinangor Tewas Terlindas Truk

JATINANGOR, ruber.id - Jihan Novanda Irwandi, 20, mahasiswi cantik Unpad Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tewas terlindas truk di Jalan Raya Ir. Soekarno, Selasa...

DPRD Kota Banjar Tetapkan Dua Raperda Menjadi Perda, 2 Raperda Lainnya Ditarik

KOTA BANJAR, ruber -- DPRD Kota Banjar menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan panitia khusus (Pansus). Dalam rapat tersebut ada dua Raperda yang ditarik...

Sukses Kembangkan Bibit Padi IF8, Eh Kades Ini Malah Dijebloskan ke Sel    

ACEH UTARA, ruber -- Pengembang benih padi unggul IF8 Tengku Munirwan, yang juga menjabat Kepala Desa (Keuchik) Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara,...

ruber.id — Apakah Anda pernah merasakan kaki kesemutan? Yakni merasa kaku dan kebas di bagian kaki.

Anda akan merasakan kesemutan jika terlalu lama duduk bersila, berlutut, ataupun menekan kaki pada satu posisi dalam jangka waktu panjang.

Di luar itu, kesemutan ternyata juga bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada tubuh.

Umumnya, kesemutan dirasakan apabila satu bagian tubuh terbebani, sehingga mengalami hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh tersebut.

Ketika kaki kesemutan, Anda akan merasa kaki seperti ditusuk-tusuk, terbakar, gali, bahkan mati rasa di salah satu atau kedua kaki.

Tapi biasanya, kondisi tersebut akan berlangsung sementara saja dan menghilang secara perlahan.

Nah, jika kesemutan terjadi dalam jangka waktu yang lebih panjang, waspadalah karena itu merupakan tanda penyakit tertentu.

BACA JUGA: Mirip Demam Berdarah, Waspadai Penyakit Chikungunya yang Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Lalu, apa saja penyakit yang sering ditandai dengan gejala kesemutan di kaki? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Halodoc.

Penyakit Sistemik

Kesemutan di kaki bisa menjadi tanda penyakit sistemik. Yaitu sebuah penyakit yang mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Anda akan merasakan kesemutan dalam waktu yang panjang dan bersifat kronis karena penyakit ini.

Salah satu gejala penyakit sistemik memang kaki kesemutan. Penyebabnya adalah gangguan hormon, seperti hipotiroid atau tumor di saraf.

Disamping hormon, gangguan ginjal, penyakit hati, dan berbagai penyakit darah juga bisa menjadi penyebab kesemutan di kaki.

Saraf Kejepit

Penyakit lain yang ditandai kaki kesemutan juga adalah saraf kejepit. Pemicu rasa kebas serta kesemutan di kaki adalah herniasi nukleus pulposus.

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Warga Garut Positif Corona Jadi Dua, Pasien Pernah Kontak Langsung dengan 110 Orang

GARUT, ruber.id - Warga Garut, Jawa Barat positif terjangkit COVID-19 tambah satu. Jadi total warga Garut positif corona menjadi dua.

ODR di Sumedang Tembus 18.303, Positif Rapid Test COVID-19 Jadi 14 Orang

SUMEDANG, ruber.id - Hanya ada satu warga Sumedang, Jawa Barat yang terinfeksi virus corona hingga Sabtu (4/4/2020). Selain itu,...

Hasil Rapid Test 3 Praja Putri IPDN Positif Imunitas Lemah, Senin Dites Swab

JATINANGOR, ruber.id - Setelah hari kemarin, hasil rapid test COVID-19 untuk praja putri IPDN Jatinangor imunitas positif lemah, dua praja putri lainnya...

Peresmian RSUD Pandega Pangandaran via Teleconference

PANGANDARAN, ruber.id - Melalui teleconference, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmikan Gedung RSUD Pandega milik Pemkab Pangandaran, Sabtu (4/4/2020).

Perbatasan Sumedang Bandung di Jatinangor Dijaga Ketat Aparat Gabungan

JATINANGOR, ruber.id - Wilayah perbatasan Bandung - Sumedang di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dijaga ketat aparat gabungan. Jumat (3/4/2020)...