Jelang Mudik Lebaran, Kemkominfo Minta Operator Genjot Kualitas Internet

Ahmad ramli
Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad M. Ramli

ruber — Menjelang mudik Lebaran 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) minta operator telekomunikasi untuk menggenjot kualitas layanan internet.

Dilansir dari laman resmi Kemkominfo, Senin (20/5/2019), permintaan tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad M. Ramli, melalui program TokTok Kominfo Kepoin QoS Telko Mudik 2019.

Menurutnya, pembenahan kualitas layanan internet ini jadi begitu krusial mengingat peningkatan trafik yang selalu terjadi saat musim mudik lebaran.

“Berkaca pada musim mudik pada tahun-tahun lalu, operator telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan lainnya perlu menyiapkan pelayanan berkualitas baik sebelum mudik Lebaran,”ucapnya.

“Supaya tidak terjadi blank spot atau kondisi tanpa sinyal. Pemudik sangat membutuhan kualitas Internet itu. Apalagi jika sedang macet dan dalam keadaan puasa. Mereka membutuhkan komunikasi intens dengan dengan keluarga,” jelas Ramli.

Baca juga:  Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Positif COVID-19

Lebih lanjut, Ramli menambahkan, ukuran yang selalu dipantau oleh Kemkominfo berkaitan dengan layanan telekomunikasi adalah Quality of Service (QoS).

“Jadi, QoS itu kualitas yang tersedia agar pelanggan bisa berkomunikasi secara baik, dan dijamin oleh operator,” ungkapnya.

QoS ini sangat bergantung pada keandalan infrastruktur yang dibangun operator. Oleh sebab itu, katanya, Kemkominfo senantiasa mengingatkan operator telekomunikasi mengenai kualitas Internet ini.

“Intinya, pada musim mudik Lebaran, operator perlu mempersiapkan peningkatan penggunaan data internet hingga 60 persen,” tegasnya. red

Foto: DIRJEN Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad M. Ramli.kominfo.go.id

SUMBER: kominfo.go.id