19.4 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
spot_img

Ini Dia, 7 Langkah Kembalikan Vitalitas Tubuh Setelah Lebaran

ruber — Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan makanan berlemak tinggi, kaya kolesterol, kurang tidur, dan aktivitas yang padat. Alhasil, setelah lebaran berlalu, tubuh terasa lelah dan tidak fit.

Bagaimana caranya agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar setelah Lebaran? Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini.

 

  1. Cukup Minum

Walau tidak melakukan aktivitas berat, tubuh tetap membutuhkan 2 liter air per hari. Banyaknya setara dengan 8 gelas air. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi air mineral, bubur kacang, jus, atau kuah dalam sup favorit Anda.

  1. Tidur yang Berkualitas

Bukan hanya air minum. Memenuhi kebutuhan tidur juga tak kalah pentingnya dalam mengembalikan kebugaran kesehatan setelah lebaran. Bagi Anda yang berada di usia produktif, disarankan tidur selama 8 jam per hari. Dapatkan tidur yang berkualitas, sehingga tubuh akan kembali fit setelah Anda bangun. Memenuhi kebutuhan tidur diketahui dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh.

  1. Kurangi Camilan Manis
BACA JUGA:  H-3 Lebaran: Terimbas Program Mudik Gratis, Terminal Cicaheum Sepi
BACA JUGA:  H-3 Lebaran: Terimbas Program Mudik Gratis, Terminal Cicaheum Sepi

Jika Anda terlalu banyak melahap makanan manis, maka sisa kalori yang tidak dubah menjadi energi akan bersemayam di dalam tubuh, sehingga menumpuk. Hal ini berpotensi mengganggu metabolisme dan kesehatan tubuh.

  1. Konsumsi Buah dan Sayuran

Mungkin ini saran klasik. Tapi terbukti efektif. Sudah lama sayuran dan buah diketahui kaya manfaat, sehingga mampu menjaga tubuh agar tetap sehat. Pasalnya, buah dan sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan. Jadi, jika Anda ingin cepat mengembalikan vitalitas tubuh, jangan lewatkan buah dan sayuran.

  1. Olahraga Secara Rutin

Tak perlu berolah raga berat, namun bisa dilakukan secara rutin. Tak perlu lama juga. Cukuplah sekitar 30 menit per hari. Misalnya saja berjalan kaki atau melakukan olah tubuh dengan gerakan ringan. Olah raga cukup penting untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

  1. Cukup Tidur
BACA JUGA:  Bus Telat Datang, Penumpang Numpuk di Pool Budiman Pangandaran
BACA JUGA:  Sepekan Usai Lebaran, Covid-19 di Sumedang Tembus 4.035 Kasus

Terlalu sering begadang bisa menurunkan kualitas kesehatan. Karenanya, sangat penting untuk membiasakan tubuh tidur di waktu yang sama setiap hari.

  1. Bersantai

Luangkan sedikit waktu untuk bersantai, atau sekedar memanjakan diri. Misalnya dengan mendengarkan musik, membaca, atau melakukan perawatan tubuh. Tak perlu berlama-lama, yang penting, akvitas ini mampu menyegarkan pikiran Anda. red

 

 

Foto: internet, sumber berita: liputan6.com

 

 

 

 

 

 

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles