29.4 C
Indonesia
Jumat, Oktober 22, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Ini Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berpuasa

TIPS & GAYA HIDUP, ruber.id – Ketika berpuasa organ tubuh diistarahatkan dalam mencerna makanan.

Sehingga membuat tubuh seakan lemas, tapi justru dengan berpuasa beberapa penyakit akan hilang seperti maag.

Saat buka puasa justru membuat kita balas dendam sehingga memasukkan makanan apapun yang membuat kenyang tanpa memperhatikan nutrisi dalam makanan tersebut, asalkan kita suka pasti kita lahap.

Perlu diperhatikan bahwa nutrisi yang diperlukan tubuh sangatlah beragam, didapat dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, protein, karbohidrat, dan lainnya.

Apalagi ketika makan sahur, jenis makanan sangat perlu diperhatikan.

Dilansir dari Doktersehat.com, makan sahur membantu menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal.

Selama puasa makanlah makanan yang termasuk karbohidrat kompleks. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, semolina, lentil.

BACA JUGA:  Ide Busana dari Nagita Slavina

Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan-makanan dicerna lebih lambat.

Ketika sahur dan berbuka, hindarilah mengonsumsi makanan yang pedas karena dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh.

Air putih dan kurmalah yang direkomendasikan ketika berbuka.

Berikut ini adalah menu sehat saat puasa lainnya yang bisa dicoba, seperti dilansir dari lama Doktersehat.com.

1. Aneka Sayuran Hijau dan Berwarna
Ada tiga sayuran yang mudah ditemukan dan khasiatnya luar biasa, yaitu bayam, wortel dan brokoli.

Tiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan.

Semua sayuran dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai tumisan, jus, hingga salad.

2. Daging Merah dan Ikan
Konsumsi daging merah dan ikan agar kebutuhan protein tercukupi.

BACA JUGA:  Pengen Badan Tetap Bugar Meski Tidur Sebentar? Ikuti Tips Ini

Khususnya untuk daging, pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak, sehingga masih dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh.

3. Susu
Susu adalah sumber kalsium yang baik. Susu juga punya manfaat lain yaitu bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Karena kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls saraf dan menstabilkan detak jantung.

4. Gandum
Produk-produk gandum biasanya dapat dinikmati dalam bentuk roti atau sereal.

Gandum kaya akan selenium, sehingga membantu memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.

5. Buah
Buah-buahan menyediakan aneka nutrisi yang melimpah.

Mulai dari vitamin hingga mineral yang semuanya dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Buah yang kaya akan vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, dan melon dipercaya membantu proses metabolisme tubuh.

BACA JUGA:  Kaki Sering Kesemutan Tanda Penyakit Tertentu, Jangan Dianggap Sepele

Ketika berbuka jangan langsung mengonsumsi makanan dan minumam yang dingin.

Hal ini dilakukan agar tidak membuat lambung kaget. (Aprilia/GPS)

BACA JUGA: Asam Lambung Naik saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles