21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Ingin Paru-Paru Bersih dan Pernapasan Sehat? Beberapa Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif

Ilustrasi menjaga pernapasan dari polusi udara. net/ruber.id

ruber.id — Saat ini, tingkat polusi udara semakin meningkat. Untuk itu, kita harus menjaga paru-paru agar tetap bersih, sehingga pernapasan pun tidak terganggu. Terutama, untuk orang yang sering merokok.

Diketahui dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menghasilkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Untuk menjaga paru-paru agar tetap bersih, bukan hanya dengan menghindari polusi. Disamping itu, Anda perlu mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa mendukung kesehatan pernapasan.

BACA JUGA: Mudah Didapat, Daun Pepaya Ternyata Bisa Atasi Ketombe hingga DBD

Melansir dari laman liputan6.com, beberapa makanan ini dapat mendukung kesehatan sistem pernapasan.

Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Selain itu dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.

Teh ini mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami yang membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan.

Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan, orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum.

Selain itu, air panas juga baik untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir.

Ikan berlemak

Selain teh hijau, ikan berlemak seperti salmon hasil tangkapan liar, mackerel, gurame, dan haddock kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang dikenal sebagai PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda karena mengandung lebih dari satu ikatan rangkap dalam struktur kimianya.

Asam lemak tak jenuh ganda memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, antioksidan, dan pelindung paru-paru. Dengan mengonsumsi ikan berlemak atau suplemen minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berdasarkan laporan Journal of Immunology di University of Rochester, tikus yang menghirup turunan omega-3 dan menemukan omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan infeksi bakteri umum yang ditemukan pada orang hidup dengan penyakit paru-paru. Sejumlah ilmuwan pun percaya ini bisa memiliki implikasi yang menjanjikan pada manusia.

Jahe

Jenis rempah yang satu ini adalah salah satu solusi rumah tepercaya untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan. Beberapa ilmuwan telah menemukan bahwa jahe mengandung senyawa bioaktif, gingerol.

Senyawa inilah yang bertanggung jawab untuk rasa jahe yang menyengat. Selain itu, gingerol juga membantu mencegah asma, pilek, migrain, dan hipertensi.

Dengan sifat anti-inflamasinya, jahe akan membantu membersihkan paru-paru Anda secara alami. Selain itu juga membantu memecah lendir, sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan udara. Bahkan, jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi ke paru-paru dan mengurangi peradangan.

Klik disini untuk mengetahui jenis makanan lainnya. red

Sumber: liputan6.com

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles