24.4 C
Indonesia
Selasa, September 21, 2021
spot_img

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Bank Dunia: Jokowi Sudah Putuskan yang Terbaik

BERITA NASIONAL, ruber.id – Country Director of the World Bank Indonesia Rodrigo Chaves menilai Jokowi telah mengambil keputusan yang terbaik terkait rencananya memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Lokasi yang terpilih untuk ibu kota baru, sebagaimana telah diberitakan. Yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

“Presiden Jokowi sudah menemukan tempat paling tepat. Saya pikir itu keputusan mereka yang terbaik,” tutur Rodrigo, di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Melalui Kajian Komfrehensif

Rodrigo meyakini bahwa pemerintah Indonesia sudah melakukan analisis dan pencermatan yang komprehensif. Dari sisi biaya maupun keuntungan yang menjadi latar belakang pemindahan ibu kota ini.

BACA JUGA:  Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bersua di Stasiun MRT
BACA JUGA:  Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bersua di Stasiun MRT

“Saya yakin benar bahwa Indonesia sudah melakukan kajian maupun analisis terkait biaya dan keuntungannya yang akan mendukung keputusan ini. Pastinya, investasi besar-besaran dibutuhkan di sini,” kata Rodrigo.

Namun, sambung Rodrigo, terkait dampaknya terhadap perekonomian Indonesia, Bank Dunia belum melakukan kajian apa pun.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Luhut mengatakan agar masyarakat tidak pesimis dalam merespons rencana pemindahan ibu kota ini, walaupun ada pro dan kontra.

“Pastilah ada prokontra. Itu hal biasa. Tapi, saya kira, sebaiknya kita jangan terus pesimis. Studi yang dilakukan Bappenas kan sudah cukup dalam mengenai ini,” kata Luhut. (detikcom)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles