Rabu, 5 Agu 2020

Hiwapa Minta Pemerintah Tuntaskan Permasalahan Pasar Sandang

Baca Juga

Demo, Warga Jatigede Blokade Jalan Nasional dan Kawasan IPP Sumedang

SUMEDANG, ruber.id -- Puluhan warga terdampak Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang kembali melakukan aksi demonstrasi, Rabu (4/9/2019). BACA JUGA: Pemkab Sumedang Ekspose KEK Pariwisata Jatigede, Ini...

Hari Ketiga, Pencarian Bocah Lucu asal Cianjur Belum Membuahkan Hasil

CIANJUR, ruber.id - Hari ketiga pencarian, bocah lucu, Riko, 2, yang menjadi korban tenggelam di Sungai Cibala, Cianjur, Jawa Barat belum membuahkan...

HUT ke 73 Bhayangkara, Polres Ciamis dan Sumedang Gratiskan SIM

CIAMIS, ruber -- Menyambut HUT ke 73 Bhayangkara, pelayanan istimewa dihadirkan Satlantas Polres Ciamis dan Polres Sumedang. Pelayanan istimewa bertepatan dengan Hari Lahir Bhayangkara itu...

Pilkada 2020: Jeje Diusung PDI Perjuangan Jadi Bupati Lagi

PANGANDARAN, ruber.id -- Dalam acara konsolidasi organisasi pemenangan Pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak tahun 2020, Jeje Wiradinata akan diusung kembali oleh DPD PDI...

SUMEDANG, ruber — Dalam unjuk rasanya ke DPRD, selain mengeluhkan sepinya kondisi Pasar Sandang Sumedang, sejumlah pedagang juga turut menyuarakan permasalahan lainnya.

Salah satunya adalah meminta bupati Sumedang mengkaji ulang kasus pelanggaran hukum yang terjadi di Pasar Sandang terkait dengan izin lima kios yang keluar dari site plan. 

Selain itu, para pedagang meminta Dinas Perizinan dan Penanaman Modal agar tidak mudah memberikan izin mendirikan bangunan (IMB) pasar yang cacat hukum.

“Kami tidak menolak pembangunan Pasar Sandang Sumedang. Namun kami mohon selesaikan dulu dugaan pelanggaran hukum atas pembangunan pasar tersebut  sampai tuntas,” ujar Ketua DPP Hiwapa Sumedang Asep Rohmat Hidayat kepada ruber, Kamis (3/1/2019).

Dalam aksinya di DPRD Sumedang, sejumlah peserta aksi diterima langsung oleh Ketua Komisi A Jajang Heryana beserta Kasatpol PP Asep Sudrajat dan pihak kepolisian untuk melakukan audiensi.

Namun, ada ketidakpuasan akibat tidak hadirnya sejumlah pihak terkait seperti bupati Sumedang, Diskopindag, maupun asisten pemerintahan. 

“Kami masih belum puas karena tadi di dalam juga tidak menghasilkan keputusan yang pasti tentang 5 kios yang diduga keluar dari site plan. Tapi kami meminta kepada Satpol PP atau kepolisian agar disegel.”

“Tapi jika melihat Pol PP sebagai penegak perda, menurut perda pasal 116, itu bisa menit ini juga, jam ini juga harus bisa tersegel,” bebernya.

Terkait dengan dugaan pelanggaran IMB, lanjut Asep, secara prosedural dan konteks hukum, tentu harus terbit sebelum pembangunan. Padahal pembangunan pasar dimulai sejak 2015, hal itu pun berbanding terbalik dengan IMB yang dikeluarkan pada tahun 2016.

“Sebelum izin mendirikan bangunan diterbitkan, PTSP harus mengeluarkan izin prinsip dan izin lingkungan. Ternyata setelah ditelusuri itu belum ada, ini kan cacat hukum Pak. Oleh sebab itu sampai kapanpun ketika tidak ada penegakan hukum yang seadil-adilnya, kita akan kawal sampai titik darah penghabisan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Sumedang Jajang Heryana menyampaikan, pihaknya menerima beberapa tuntutan yang harus dipenuhi oleh pemerintah Sumedang. 

Seperti soal zonasi kios agar tidak terjadi seperti saat ini, ditutupnya akses menuju taman pelangi, adanya imbauan kepada masyarakat agar belanja ke Pasar Sandang dari bupati, penyelesaian dugaan pelanggaran site plan yang lima kios dan meminta jalur angkutan melewati Pasar Sandang.

“Kalau tidak ditindaklanjuti, mereka akan turun ke bawah untuk berdagang,” sebut Jajang.

Oleh sebab itu, Jajang meminta agar segera dibuat nota dinas kepada pimpinan DPRD untuk segera menggelar rapat konsolitatif antara DPRD dan kepala daerah dalam penyelesaian masalah yang telah berlarut-larut hingga saat ini. 

“Kemarin sudah dimusyawarahkan di IPP, beberapa hal ada yang sudah tergarap. Tinggal dua, yaitu masalah 5 kios dan imbauan bagi pemangku kepentingan agar mengarahkan masyarakat ke pasar sandang,” terangnya. bay

loading…


Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Minta Bukti Cinta, Gadis di Tasikmalaya Digagahi Pacarnya 2 Kali

TASIKMALAYA, ruber.id - Satreskrim Polres Tasikmalaya, Jawa Barat ringkus seorang pria berinisial F, 19. Pelaku ditangkap karena melakukan persetubuhan...

Bupati Sumedang Lantik 381 Pejabat, Ini Daftar Nama dan Jabatan Barunya

SUMEDANG, ruber.id - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melantik 381 pejabat eselon III, dan IV di lingkungan Pemkab Sumedang, Rabu (5/8/2020).

Dua Petugas Medis di Puskesmas Conggeang dan 2 Perawat RSUD Sumedang Positif Corona

SUMEDANG, ruber.id - Dua perawat di ruang ICU RSUD Kabupaten Sumedang terkonfirmasi positif COVID-19, Rabu (5/8/2020). "Iya betul, hasil...

Ratusan Pejabat Sumedang Dilantik via Zoom

SUMEDANG, ruber.id - Ratusan pejabat administrator, pengawas, dan fungsional akan diambil sumpah janji jabatannya melalui aplikasi Zoom, Rabu (5/8/2020).

Daftar Skuat Inter Milan di Europa League

SPORT, ruber.id - FC Internazionale Milano telah mengumumkan daftar pemain jelanh putaran final Europa League 2019/20 ke UEFA. Pada laga...