21.4 C
Indonesia
Selasa, September 21, 2021
spot_img

Geger Bocah asal Tanjungkerta Sumedang Disunat Jin, Ini Kata Dokter

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Beberapa waktu lalu, warga Tanjungkerta, Sumedang, Jawa Barat dihebohkan kejadian bocah yang disunat jin.

Diketahui, bocah tersebut yaitu Muhammad Rapa Aksa Putra Ramadhan, 3.5 tahun. Ternyata, apa yang dialami bocah asal Dusun Cisegel RT 03/04, Desa Kertaharja, Tanjungkerta, Sumedang, ini juga terjadi di Solo.

Tapi, kejadian di Solo, kondisi kemaluan bocah tersebut dapat dikembalikan seperti semula oleh dokter di RSUD Surakarta.

Istilah disunat jin sendiri hanya mitos yang berkembang di tengah masyarakat, menyikapi keanehan yang terjadi pada perubahan alat vital anak yang belum disunat. Namun secara medis, kejadian ini bukan merupakan peristiwa gaib.

BACA JUGA:  Tebing 10 Meter Longsor di Jalan Sumedang-Sukamantri

Penyakit Paraphimosis

Dilansir ruber.id dari laman detikcom, Direktur RSUD Surakarta, dr Willy Handoko mengakui jika kejadian ini merupakan kasus yang banyak terjadi di tengah masyarakat.

BACA JUGA:  Tebing 10 Meter Longsor di Jalan Sumedang-Sukamantri

“Banyak kasus seperti ini, jadi bukan disunat jin,” kata Willy di laman detikcom, 6 Febuari 2019.

Secara medis, kata Willy, kasus seperti ini merupakan jenis penyakit yang disebut paraphimosis. Yakni, ketika kulup penis ditarik ke pangkal tapi tidak bisa dikembalikan ke kondisi semula.

“Untuk penanganannya mudah. Tdak perlu operasi. Paling suntik lokal, lalu ditarik, dan dibuka,” katanya.

Kasus lainnya, kata Willy, yaitu phimosis, kebalikan dari paraphimosis. Yakni, ketika kulup penis tidak dapat ditarik hingga ke pangkal karena lengket. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles