Kamis, 24 Sep 2020

Gaji ke-13 PNS Cair Senin Besok

Baca Juga

Peserta Pemilu Cemas, Bawaslu Sumedang Klaim Tak Ada Praktik Penggelembungan Suara

SUMEDANG, ruber -- Adanya dugaan kasus penggelembungan suara di Surabaya, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sejumlah pihak di berbagai daerah, termasuk Caleg asal Kabupaten Sumedang. Kasus...

4 Jenis Pajak di Pangandaran Ini Tak Capai Target

PANGANDARAN, ruber -- Dari 11 jenis pajak yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pangandaran hanya 10 jenis pajak yang jadi sumber PAD. Jenis pajak...

Cara Daftar Kartu Prakerja, Dapatkan Rp3.55 Juta per Orang

JAKARTA, ruber.id - Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja, hari ini, Sabtu (8/8/2020). Dilansir dari laman Kompas.com, Sekretaris Menteri Koordinator...

Setelah Turun Drastis, Akhirnya Harga Kelapa di Pangandaran Berangsur Normal

PANGANDARAN, ruber -- Harga kelapa di Kabupaten Pangandaran mulai berangsur normal, meskipun tidak terlalu signifikan. BACA JUGA: 10 Hektare Sawah Kering di Pangandaran Ditanami Cabai Sebelumnya,...

JAKARTA, ruber.id – Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, dan pensiunan Senin (10/8/2020) besok.

Dilansir ruber.id dari okezone.com, besaran gaji ke-13 PNS mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta, tergantung golongan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No.106/PMK.05/2020, terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji ke-13.

Dalam PMK tercatat, pembayaran gaji atau penghasilan ke-13 dibebankan pada Daftar Isian Pelaksana Anggaran (Dipa) satuan kerja berkenaan.

Sedangkan khusus untuk Lembaga Nonstruktural (LSN), yang bukan satuan kerja, pembayarannya dibebankan pada satuan kerja induk atau Dipa Kementerian dan Lembaga (K/L).

Pembayaran gaji atau penghasilan ke-13 ini dilaksanakan melalui penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) yang dilakukan oleh pejabat penandatangan SPM ke rekening penerima.

Di mana, pejabat penandatangan SPM mengajukan SPM gaji atau penghasilan ke-13 kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Untuk pembayaran gaji ke-13 bagi pegawai Non-PNS pada Lembaga Nonstruktural (LNS) dan LPP ini tidak dapat dilaksanakan langsung ke rekening penerima.

Namun, pembayaran penghasilan ke-13 ini dilaksanakan melalui SPM langsung ke rekening bendahara pengeluaran.

Selanjutnya, bendahara pengelauran melakukan pembayaran penghasilan ke-13 kepada penerima.

“Sementara penerbitan SPM gaji ke- 13 ini dilakukan dengan ketentuan SPM gaji 13, untuk pembayaran pembayaran penghasilan ke-13.”

“SPM penghasilan 13 LNS, untuk pembayaran penghasilan ke-13 pegawai Non-PNS pada LNS dan LPP, SPM gaji 13 pegawai lainnya.”

“Untuk pembayaran penghasilan ke-13 bagi para pegawai lainnya sebagaimana yang dimaksudkan.” bunyi Pasal 17 dalam beleid dikutip dari okezone.com, Minggu (9/8/2020).

Dalam PMK juga dijelaskan bahwa bagi satuan kerja yang permintaan pembayaran yang gajinya telah menggunakan aplikasi.

Seperti, gaji PNS Pusat (GPP), belanja pegawai Polri (BPP) atau Daftar Pembayaran Penghasilan (DPP).

Maka, pengajuan SPM diwajibkan menggunakan/disertai Arsip Data Komputer (ADK) dari aplikasi GPP, BPP, dan DPP versi terbaru. (R015/okezone.com)

Baca Juga: Hore, Gaji ke 13 PNS, TNI, Polri dan Pensiunan Cair Agustus 2020

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Pesan Dandim Garut pada Gerakan Peduli Lingkungan HUT ke 75 TNI

BERITA GARUT, ruber.id - Dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI, Kodim 0611/Garut melakukan program penghijaun melalui penanaman 1270 pohon di Desa Lingkung...

KPU Tetapkan Dua Pasangan Calon di Pilkada Pangandaran 2020

BERITA PANGANDARAN, ruber.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menetapkan pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilkada 2020.

Foto Galeri: Waduk Jatigede Sumedang Surut

FOTO BICARA, ruber.id - Tiap musim kemarau, Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat surut. Hal ini mengundang daya tarik wisatawan untuk...

Tempat Daur Ulang Plastik di Tanjungsari Sumedang Terbakar

BERITA SUMEDANG, ruber.id - Tempat daur ulang plastik di Dusun Cilentik RT 04/05 Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang terbakar, Rabu (23/9/2020)...

Bocah yang Tenggelam di Sungai Citarum Karawang Ditemukan

BERITA KARAWANG, ruber.id - Nizam, 8, bocah asal Karawang, Jawa Barat yang hilang tenggelam di Sungai Citarum ditemukan, Rabu (23/9/2020) sekitar jam...