Tujuhbelasan Mulai Dekat, Warga di Tasikmalaya Hias Kampung Sambut Hari Kemerdekaan

By aminullah 05 Agu 2017, 23:47:56 WIBPriangan

Tujuhbelasan Mulai Dekat, Warga di Tasikmalaya Hias Kampung Sambut Hari Kemerdekaan

Pos ronda Kampung Sanding dihias pernak pernik merah putih. rasyid/ruber.id


rasyid/TASIKMALAYA

SEMARAK menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun, tidak hanya dirasakan di daerah perkotaan saja. Namun juga disambut antusias warga di pelosok desa. 

Seperti di Kampung Sanding, Desa Banyurasa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya. 

Warga mulai menghias kampung dan menyiapkan ragam kegiatan untuk mengisi hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada Kamis (17/8/2017) mendatang.

Tokoh pemuda setempat, Asep Yono mengatakan, momen tujuhbelasan di kampungnya tiap tahun selalu semarak dengan ragam kegiatan. Termasuk menghias kampung dengan ragam pernak pernik berwarna merah putih.

"Iya, kegiatan ini memang selalu rutin kami lakukan di sini. Kami memasang umbul-umbul dan bendera merah putih di setiap rumah," ujarnya kepada ruber.id, Sabtu (5/8/2017).

Uniknya, kata Asep, dekorasi pernak pernik merah putih di kampungnya melibatkan seluruh warga di kampungnya. Mulai dari kalangan remaja, anak hingga orang dewasa. 

"Ini yang ngerjain banyakan. Ada anak-anaknya, pemudanya bahkan sampai ibu-ibu juga turut membantu," tuturnya.

Dalam menyiapkan segala sesuatunya, kata Asep, warga Kampung Sanding juga selalu terbiasa bergotong royong. Bahkan tak jarang ketika harus mengeluarkan anggaran, selalu diupayakan melalui swadaya masyarakat.

"Biasanya suka ada sumbangan dari masyarakat, seperti bambu hingga anggaran juga kami selalu bersama-sama," sebutnya.

Selain itu, Asep juga berharap, untuk pelaksanaan hari kemerdekaan tersebut dapat berjalan dengan meriah.

"Memang selama ini kita selalu menggunakan uang sumbangan dari masyarakat untuk tujuhbelasan ini. Ya mudah-mudahan saja, meski tahun ini minim anggarannya tapi bisa lebih semarak, dan lebih banyak lagi hadiahnya. Sehingga masyarakat pun akan lebih antusias lagi ikut lomba-lomba khas tujuhbelasan nanti," katanya. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment