Penasaran dengan Kondisi Lingkungannya, Pakar dari Prancis Kunjungi SMKN 1 Garut

By Anastasya 08 Nov 2018, 15:13:56 WIBPendidikan

Penasaran dengan Kondisi Lingkungannya, Pakar dari Prancis Kunjungi SMKN 1 Garut

PAKAR peneliti reproduksi sampah dari negara Prancis, Eloise berkunjung ke SMKN 1 Garut. muhammad nur/ruang berita


GARUT, ruber -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kabupaten Garut beberapa kali memperoleh penghargaan bidang lingkungan hidup tingkat nasional. 

Di antaranya Adiwiyata Nasional dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2014, dan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari presiden sebagai sekolah yang menerapkan lingkungan hidup secara baik.

Raihan penghargaan bergengsi bidang lingkungan hidup merupakan sesuatu yang didamba-dambakan oleh semua sekolah seluruh Indonesia. 

Rupanya, prestasi itu pula yang mencuri perhatian khusus dari seorang pakar peneliti reproduksi sampah dari negara Prancis, Eloise.

Eloise datang langsung ke SMKN 1 Garut yang berlokasi di Jalan Cimanuk, Kamis (8/11/2018), karena keingintahuannya mengenai kondisi lingkungan di sekolah yang dikepalai Dadang Johar Arifin itu.

"Dia di sini meneliti tumbuh-tumbuhan, karena dia juga mahasiswa di bidang botani. Terus dia juga memberikan semacam pengarahan, bagaimana cara mengelola sampah menjadi lebih bermanfaat. Pokoknya dia tuh detail banget nanya masalah berapa volume sampah di sekolah setiap harinya, cara pengangkutannya, dan lain sebagainya," papar Dadang.

Di sekolah yang sebelumnya bernama SMEA Negeri itu, Eloise melakukan penelitian mengenai langkah-langkah yang telah dilakukan SMKN 1 Garut dalam mengelola reproduksi sampah di lingkungan sekolah dan kebun Toga (Tanaman Obat Keluarga) atau apotik hidup. 

Tak ketinggalan, perempuan bule pegiat lingkungan hidup ini berkeliling melihat bank sampah, sarana tempat sampah organik dan anorganik, serta fasilitas lain yang ada di sekolah. muhammad nur

loading...



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment