Pemda Pangandaran Dambakan Gedung Perpustakaan

By aminullah 08 Nov 2018, 21:32:15 WIBPangandaran

Pemda Pangandaran Dambakan Gedung Perpustakaan

PUSTAKAWAN Indonesia dan jajaran Pemkab Pangandaran foto bareng usai workshop, Kamis. dede/ruang berita


PANGANDARAN, ruber -- Tingkat keberaksaraan di Indonesia masih rendah. Sehingga, keberadaan perpustakaan dengan sarana prasarana lengkap di tiap daerah sangat vital.

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia T Syamsul Bahri mengatakan, saat ini tingkat keberaksaraan Indonesia sangat rendah.

Salah satu penyebabnya, kata Syamsul, warga sekarang lebih senang berbudaya tutur (berbicara). Sehingga, perlu tempat atau perpustakaan yang bagus untuk menggeser budaya tutur ke budaya baca.

"Selain itu, koleksi buku yang beragam juga sangat penting untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat," ujarnya saat memberikan materi workshop  yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pangandaran, Kamis (8/11/2018).

Untuk itu, kata Syamsul, Pemda Pangandaran harus memiliki anggaran untuk membeli buku, promosi, serta gerakkan membaca di Kabupaten Pangandaran.

"Kami mengapresiasi rencana Pemkab Pangandaran yang akan membangun perpustakan daerah di tempat yang strategis. Ini, merupakan awal yang baik," ucap Ketua Umum Pustakawan Indonesia ini.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pangandaran Sobirin mengatakan, jumlah koleksi buku di perpustakaan daerah sudah cukup banyak. Namun, belum memiliki bangunan.

Padahal, kata Sobirin, tawaran dari pemerintah pusat dan provinsi untuk membangun perpustakaan sudah ada.

"Hanya, kami diminta untuk menyediakan tanah yang bersertifikat dan kami belum punya sampai saat ini," tuturnya.

Sobirin menuturkan, salah satu fungsi perpustaakan yakni membuat masyarakat gemar membaca.

"Upaya sudah kami lakukan untuk meningkatkan budaya membaca. Mulai dari promosi hingga koleksi buku kami lengkapi, menjalankan perpus keliling pun dilaksanakan," katanya. dede ihsan

loading...



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment