Begini Nih Cara Praktis Membunuh Virus Flu di Tangan

Ilustrasi cuci tangan. net/ruber.id

ruber.id — Salah satu bagian tubuh yang menjadi jalan masuk penyakit adalah tangan. Tidak terkecuali virus flu.

Dilansir dari liputan6.com, ada cara praktis membunuh virus penyebab flu. Yakni memakai pembersih tangan yang mengandung alkohol sebelum beraktvitas.

Dijelaskan Ryohei Hirose, peneliti penyakit menular dari Jurusan Kesehatan Universitas Prefektur Kyoto, untuk memaksimalkan, Anda bisa menggosok tangan dengan pembersih tangan yang mengandung antiseptik.

“Hal itu bisa mengurangi (keberadaan) virus flu,” kata Ryohei.

Ryohei juga mengatakan, virus dari lendir dapat dilindungi dengan ethanol non-infeksi.

BACA JUGA: Ingin Paru-Paru Bersih dan Pernapasan Sehat? Beberapa Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif

Hal tersebut diketahui setelah dilakukan penelitian di laboratoriun uji coba dengan simulasi komputer untuk mengetes berapa banyak virus influenza yang aktif setelah tangan menggunakan pembersih tangan biasa dan yang mengandung antiseptik.

Baca juga:  Mahasiswa UPI Sumedang Melawan Corona, Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Jika menggunakan pembersih tangan, virus flu di lendir dari seorang pasien yang terinfeksi butuh waktu tak lebih dari dua menit untuk membunuh kuman. Hanya saja, untuk benar-benar menonaktifkan virus, butuh waktu sekitar empat menit.

Uji Coba

Sebuah penelitian melakukan uji coba dengan mengusap jari seorang relawan yang terdapat lendir dengan cairan bersifat garam untuk melihat bagaimana lendir menularkan virus flu.

Setelah itu, mereka mencoba berapa lama zat tersebut membunuh virus sebelum menular.

Hasilnya, pembersih tangan yang berbasis alkohol dapat membunuh virus flu dalam waktu 30 detik. Selain itu, pembersih tangan berantiseptik juga bisa membunuh kuman di lendir yang kering dalam waktu di bawah 8 detik. Namun, untuk lendir basah, butuh waktu sekitar tiga menit untuk efektif.

Baca juga:  Pakan Terbaik untuk Ikan Koi dan Cara Membuatnya

Salah satu penelitian menjelaskan, efektifnya alkohol berkonsentrasi hanya 30 persen, yang mana terjadi lebih lambat pada lendir yang baru.

Disamping itu, sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa lendir kering berasal dari seorang yang terinfeksi, maka kotoran itu tetap ada di tangan dan jari yang sudah diusap pembersih tangan.

Penelitian juga menemukan bahwa lendir mengandung virus flu butuh waktu lebih dari setengah jam untuk kering.

Nah, pembersih tangan dapat efektif membunuh virus flu dalam dua keadaan, yaitu basah dan dan kering. Jika dalam keadaan kering, menurut tes bisa lebih cepat.

Menurut ELain Larson, peneliti dari Mailman School Pusat Kesehatan di Universitas Colombia di Kota New York, meskipun pembersih tangan masih jadi yang terbaik untuk membunuh virus flu dari lendir karena terdapat kandungan alkohol, tapi secara fisik, pembersih tangan tak bisa menghilangkan kotoran di tangan secara efektif.

Baca juga:  Viral di Medsos karena Hand Sanitizer Kemensos, Ini Kata Bupati Klaten Sri Mulyani

“Jadi pembersih tangan adalah metode pilihan yang secara khusus menghapus semua kuman-kuman di tangan. Alkohol tetap terbaik dan tercepat untuk membunuh kuman, tapi tidak menghilangkan kotoran atau materi organik lain,” jelas Larson.

Ia menambahkan, hand sanitizer sebaiknya dipilih saat benar-benar tidak ada westafel dan air yang mengalir untuk mencuci tangan. red

Sumber: liputan6.com