Aturan Baru! Jual Beli Motor dan Mobil Bekas Kini Kena PPN 1.1% dari Harga Jual

Aturan Baru! Jual Beli Motor dan Mobil Bekas Kini Kena PPN 1,1% dari Harga
Foto ilustrasi from Pexels Istockphoto

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Bagi Anda yang memiliki usaha jual beli motor atau mobil bekas, ada aturan baru yang diterapkan oleh pemerintah.

Kini, pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap perdagangan kendaraan bermotor bekas sebesar 1.1% dari harga jual.

Aturan PPN 1.1% ini, tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 65 tahun 2022.

Dilansir dari Okezone, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP. Pada Kementerian Keuangan Neilmaldrin Noor mengatakan, perhitungan PPN disederhanakan dengan mekanisme besaran tertentu sebesar 1,1% dari harga jual.

“Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang memungut PPN, merupakan PKP pedagang kendaraan bermotor bekas. Yang melakukan kegiatan usaha penyerahan kendaraan bermotor bekas,” katanya, Selasa (12/4/2022).

Baca juga:  Jangan Asal Menyalakan dan Mematikan AC Mobil, Begini Cara yang Benar

Sementara, kegiatan jual-beli kendaraan bermotor bekas oleh orang pribadi. Atau individual yang bukan PKP dan penjualan atau pembelian. Yang bukan karena kegiatan usaha tidak perlu memungut PPN.

Neil menjelaskan PMK-65/PMK.03/2022 yang mulai berlaku sejak 1 April 2022 ini merupakan penyesuaian. Karena, adanya perubahan tarif PPN dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Sebelum ada PMK baru tersebut, beleid yang mengatur PPN atas kendaraan bermotor bekas berpedoman. Pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 Tahun 2010.

Tak hanya mengatur terkait besaran PPN, PMK terbaru turut menyederhanakan ketentuan. Mengenai pengenaan PPN atas penyerahan kendaraan bermotor bekas.

Ketentuan pokok terkait pengenaan PPN atas transaksi penjualan kendaraan motor bekas. Berdasarkan PMK baru ini termasuk dasar hukum pembentukan dengan Pasal 16G Huruf I UU PPN.

Baca juga:  Video Pendek Makin Digemari, TikTok Teratas Facebook Tak Mau Ketinggalan

Editor: R004