Asam Lambung Naik saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

TIPS & GAYA HIDUP, ruber.id – Sebagian orang biasanya mengalami kondisi asam lambung naik saat berpuasa.

Ini disebabkan ketika berpuasa, terjadi perubahan keseimbangan kadar asam di perut.

Dilansir dari Kompas.com, ahli gastroenterologi berbasis di California AS, Peyton Berookim, MD menyebutkan, asam lambung naik bisa disebabkan kondisi perut kosong dan tidak ada asupan yang dicerna.

Di laman Kompas.com, dilansir Live Strong, makanan saat dicerna dalam perut dapat menyerap asam.

Saat tidak ada yang dicerna inilah asam lambung dapat naik.

Sehingga memicu sakit perut, atau asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Jika kerap merasakan asam lambung naik saat puasa, disarankan untuk memodifikasi cara makan, minum, tidur, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga:  Tampil Segar dengan Ide Outfit Warna Hijau

Berikut cara mengatasi asam lambung saat puasa:

  • Makan dalam porsi kecil
    Saat berbuka puasa, usahakan tidak langsung tancap gas untuk makan besar, ini khsusunya diperuntukkan bagi penderita maag atau gangguan lambung.

Sebelum makan besar, siapkan terlebih dahulu perut untuk pemanasan.

Disarankan makan takjil sehat, sup, atau kurma.

Baru setelah itu, siapkan perut untuk menu makan utama.

Tetapi hindari makan berlebih, usahakan ambil setengah porsi saja dari menu makan utama, agar perut tidak penuh.

  • Hindari asupan pedas, kafein, berlemak, dan asam
    Makanan jenis tertentu dapat memicu asam lambung baik.

Di antaranya makanan pedas, makanan berlemak tak sehat, mint, dan makanan terlalu asam.

Baca juga:  Ceker Ayam Ternyata Bisa Bikin Kulit Awet Muda Lho!

Dianjurkan saat berbuka maupun sahur untuk menghindari makanan tersebut.

Minimalkan juga minuman berkafein seperti cokelat, kopi, dan teh.

Dengan pantang mengonsumsi makanan dan minuman ini maka asam lambung dapat dikontrol.

  • Atur waktu makan
    Setelah selesai santap sahur usahakan tidak langsung tidur.

Sebab hal ini juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Disarankan agar mengatur waktu makan agar tidak terlalu berdekatan dengan jadwal tidur.

  • Tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi
    Tubuh bagian atas termasuk kepala, perlu disangga. Sehingga posisinya, lebih tinggi dibanding kaki.

Kamu bisa menggunakan bantal atau penyangga setinggi 6 atau 8 inchi, untuk menopang tubuh bagian atas.

Ketinggian ini sudah ideal. Dan usahakan bantal tidak sekadae menyangga kepala.

Baca juga:  Mobil Terasa Goyang saat Jalan Pelan, Inilah Penyebabnya

Tetapi juga harus dapat menopang keseluruhan tubuh bagian atas.

  • Jaga berat badan tetap ideal
    Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk mencegah penyakit lambung kambuh.

Saat berat badan naik, struktur otot yang menyokong esofagus dapat menyebar atau mengembang.

Hal ini menyebabkan kinerja otot klep esofagus yang mengatur asam lambung tetap terjaga di perut dapat terganggu.

Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung naik. (R015/Khadizah)

BACA JUGA: Tips Agar Puasa Tetap Sehat Tanpa Bau Mulut