PANGANDARAN, ruber — Peninggalan Kerajaan Mataram banyak ditemukan di Kabupaten Pangandaran. Salah satunya berada di Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA: Guci Peninggalan Kerajaan Galuh Pangauban Ditemukan di Situs Tamiang Kuning

Di daerah tersebut ada dua tempat peninggalan Kerajaan Mataram. Yakni patilasan atau Makam Eyang Ider Buana dan sumber air Buyut Jaya.

Ketua Lembaga Adat Kabupaten Pangandaran Erik Krisna Yudha mengatakan, kedua tempat tersebut merupakan peninggalan 14 abad silam yang biasa disebut wilayah Sodong Panjang.

"Patilasannya berbentuk makam sedangkan airnya diyakini warga sebagai air keramat," kata Erik.

Patilasan tersebut diyakini masyarakat setempat sebagai patilasan Eyang Ider Buana dengan bentuk makam berukuran 5×5 meter.

"Semua bangunan di lokasi itu masih asli, belum diubah sejak masa kerajaan Mataram," tambahnya.

Tempat ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai salah satu objek wisata religi. 

"Pada bulan tertentu, banyak masyarakat berkunjung hanya untuk berjiarah ke patilasan Eyang Ider Buana dan melakukan mandi serta berwudhu di situs air keramat Buyut Jaya," jelasnya.

Mereka meyakini, bila telah melakukan perjalanan ziarah dan mandi, akan membuat awet muda dan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

"Untuk menuju ke lokasi Sodong Panjang masih mengalami kendala infrastruktur, karena jalannya belum repersentatif," papar Erik. syamsul ma'arif