MAJALENGKA, ruber — Rupanya, jeruji besi lapas belum membuat jera residivis muda yang satu ini.

Pasalnya, setahun paskabebas, Acep, 18, bukannya jera namun kembali mengulangi hal yang sama.

Apesnya, kali ini, aksi Acep yang tengah berupaya menjebol rumah milik Oting, 55, ketahuan sang empunya.

Oting bersama kadus dan sejumlah warga Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka yang memergoki pelaku pun langsung melancarkan bogem mentah mereka.

Acep tak kuasa dihajar massa, beruntung anggota Polsek Jatiwangi cepat datang ke lokasi kejadian hingga akhirnya Acep diamankan dari amuk massa dan digiring ke Mapolsek Jatiwangi, Sabtu (14/7/2018) pagi.

Pemilik rumah, Oting menuturkan,
Acep yang diketahui merupakan warga asal Sumedang ini merupakan residivis muda spesialis congkel jendela rumah.

"Saya pergoki dia sedang mencongkel jendela rumah pada jam 02.00 dini hari," ujarnya.

Karena tak berani menghadapi maling sendirian, Oting kemudian membangunkan Kepala Dusun Erik yang lokasi rumahnya bersebelahan.

Akhirnya, Oting dan Erik pun menyisir lingkungan sekitar rumah mereka dengan mengendap-ngendap hingga menemukan si maling yang sedang bersembunyi tidak jauh dari rumah mereka.

"Khawatir maling tersebut membawa senjata tajam kami memberi tahu beberapa warga sekitar termasuk Riyan (Kaur Umum Desa Jatisura)," tuturnya.

Acep kemudian berhasil diringkus. Beruntung, anggota Polsek Jatiwangi yang mendapat laporan warga tersebut segera datang dan mengamankan tersangka sebelum menjadi bulan-bulanan massa yang makin berdatangan saat diamankan di rumah Kadus Erik.

Selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Jatiwangi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dari tangan tersangka, disita satu buah handphone milik korban, satu sachet susu coklat, dan sebuah gunting kuku yang digunakan untuk mencongkel jendela sebagai alat bukti. adit