SEKDA Pangandaran Kusdiana dilantik Bupati Jeje Wiradinata, Rabu (22/5/2019). dede/ruang berita

PANGANDARAN, ruber — H Kusdiana, resmi menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran yang baru.

Pejabat asal Kabupaten Ciamis ini dilantik Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata di Aula Setda Pangandaran, Rabu (22/5/2019).

Kusdiana terpilih setelah mengikuti proses Open Bidding yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Bupati Jeje berharap Sekda Pangandaean yang baru dapat segera pindah dan menetap di Kabupaten Pangandaran.

“Kami memberikan waktu beberapa hari ke Pak Sekda (Kusdiana) untuk mengurus surat-surat perpindahan domisili,” katanya kepada ruber usai prosesi pelantikan.

Jadi, kata Jeje, sekda yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis ini bisa menetap di Pangandaran.

“Tidak PJKA (pulang Jumat kembali Ahad), Pangandaran kan daerah wisata, jadi hari Sabtu dan Ahad bukan libur, tapi harus memantau ke tempat wisata.”

“Terlebih, tugas sekda itu banyak, termasuk menjembatani urusan antara bupati dan ASN, serta dewan,” ujarnya.

Jeje menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas untuk sekda baru, seperti rumah dinas (rumdin) dan mobil dinas.

“Mobil sudah ada, rumdin juga ada, bisa di rumah yang pernah ditempati Sekda Mahmud (sebelumnya), tapi kalau tidak cocok bisa cari lagi,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Sekda Kabupaten Pangandaran Kusdiana menyampaikan, sebagai pejabat baru dirinya akan segera bersilaturahmi dan komunikasi dengan para ASN di Pangandaran.

Tak hanya itu, dirinya mengaku siap untuk mendorong kinerja ASN agar lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN, harus memiliki kompetensi teknis, manajerial dan juga kompetensi sosial struktural,” tegas pria yang akrab disapa Kang Iang.

Kusdiana menuturkan, dirinya sering ke Pangandaran ketika kabupaten ini masih bergabung ke Ciamis.

“Saya menyempatkan diri untuk menagih pajak hotel, restoran dan yang lainnya saat itu,” tuturnya.

Kusdiana menambahkan, Pangandaran dengan visi misi menjadi tujuan wisata kelas dunia, maka dirinya siap turut serta untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Pangandaran yang tergolong masih baru. dede ihsan