Danramil 07/Maos Berikan Materi Wasbang kepada 50 Anggota Linmas

Danramil maos wasbang linmas
Danramil maos wasbang linmas

CILACAP, ruber – Danramil 07/Maos Kapten Infanteri, Joko Yunanto memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 50 anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) di wilayah binaannya di Pendopo Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Rabu (6/2/2019).

Kegiatan Wasbang ini merupakan langkah untuk menyiapkan Satuan Linmas yang andal dan mempunyai wawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa nasionalisme. Para anggota Linmas, juga diharapkan tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya sebagai wujud menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Dijelaskan Kapten Joko, wawasan kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara.

“Keterlibatan anggota TNI dari Koramil 07/Maos dalam pelatihan kepada linmas ini merupakan salah satu tugas untuk membina komponen cadangan Sistem pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air kepada generasi penerusnya,” jelasnya

Baca juga:  Momen Panen Raya, Koramil 07/Maos Dampingi Dua Desa

Selain memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran bela negara, hal itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan di tengah masyarakat.

“Yang terpenting dari semua itu adalah para perangkat Linmas harus mampu menghadapi kompleksitas permasalahan mulai dari terorisme, radikalisme, separatisme, kemiskinan, konflik horizontal dan vertikal serta tidak kalah pentingnya yaitu narkoba. Sebagai pelayan masyarakat, perangkat Linmas harus mampu menghadapi itu semua dan membawa Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang,” jelasnya

Menurut Danramil 07/Maos, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa diteladani masyarakat, tidak hanya cerdas dan memiliki mental, kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat serta visioner.

Baca juga:  Truk Semen Seruduk 2 Pedagang Asongan Hingga Tewas di Cadaspangeran Sumedang, Sopir Kabur

“Bangsa Indonesia memiliki Wawasan Kebangsaannya sendiri yang sesuai nilai-nilai Pancasila dan berdasarkan nilai-nilai itu, bangsa Indonesia memiliki cara pandang untuk melangkah ke depan dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karenanya kita dari bagian bangsa ini, harus memiliki semua itu,” pungkas Danramil. (Sobar)

loading…