oleh

10 Jenis Mobil Ini Kena Recall, Disarankan Segera ke Bengkel

BERITA NASIONAL, ruber.id – Agen Pemegang Merk atau APM di Malaysia mengumumkan adanya recall atau program penarikan kembali akibat ada part yang bermasalah. Tak lama kemudian, Toyota Astra Motor atau TAM di Indonesia pun akhirnya mengambil langkah serupa.

Kendati demikian, konsumen yang memiliki mobil termasuk dalam recall disarankan segera ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan gratis. Perbaikan ini memakan waktu sekitar dua jam.

Untuk diketahui, baik kebutuhan mobil Avanza dan Indonesia dipasok dari pabrik yang sama, yakni Astra Daihatsu Motor atau ADM. TAM mengumumkan ada 10 jenis mobil yang akhirnya ikut dari program tersebut.

Avanza menjadi yang paling menarik perhatian, selain itu ada Alphard (produksi 2017-2019), C-HR (2018-2019), Corolla (2019). Camry (2019), Voxy (2018-2019), Kijang Innova (2018-2019), Fortuner (2018-2019), Hilux (2019), Avanza (2017-2019) dan Rush (2017-2019).

TAM dalam pernyataan resminya mengatakan, recall dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk. Dan menjaga keamanan serta keselamatan pelanggan. Di Indonesia sendiri, kegiatan recall dilakukan TAM selaku distributor kendaraan Toyota di Indonesia.

“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun. Sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.”

“Dan kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini. Sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/3/2021).

TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksud di atas untuk segera melakukan pengecekan. Dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya.

“Pengerjaan pengecekkan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2-4 jam,” tulis Toyota dalam siaran persnya.

Selain recall, untuk penggantian komponen fuel pump atau pompa bahan bakar pada beberapa model itu, TAM juga mengimbau pemilik Hilux dengan tahun produksi Juni-Desember 2018 untuk melakukan pengecekkan. Bahkan, jika diperlukan melakukan penggantian pada komponen brake booster.

Hal itu disebabkan karena adanya potensi yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman. Pengerjaan pengecekan dan penggantian brake booster ini berlangsung sekitar 0.5 -3.5 jam.

“Sebagai kelanjutan dari upaya untuk menjamin keselamatan pelanggan, Toyota terus melakukan monitor di lapangan dan melakukan pengecekan apakah model-model lainnya juga mengalami hal serupa,” sebut Toyota.

Pemeriksaan dan Penggantian Parts Gratis

Aktivitas recall yang meliputi proses pengecekkan dan penggantian parts sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota. Perusahaan menekankan, kampanye ini dilakukan tanpa biaya sama sekali alias gratis.

Seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan. Untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekkan dan penggantian komponen kendaraannya.

Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan. Untuk dilakukan pengecekkan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.

Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu. Supaya dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis.

“Program berlaku selamanya. Jadi recall ini kan bagian dari program resposibility. Jadi mau kapan pun orangnya datang, pasti akan dilayani,” kata Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Aska, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Disarankan Segera Datangi Diler

Meski tidak ada batasan waktu, namun ia memberikan saran agar bisa segera mendatangi diler dan melakukan penggantian komponen fuel pump yang berpotensi masalah. Penarikan kembali unit yang sudah dibeli konsumen ini untuk perbaikan komponen itu.

“Jadi ketika sudah ada perbaikan maka sisi keamanan bisa lebih terjaga. Walaupun lebih cepat lebih baik ya, jadi ada ketenangan,” ujar Dimas.

Penarikan Mobil Toyota Merembet ke Produk Daihatsu

Gelombang penarikan mobil Toyota di Indonesia merembet ke produk Daihatsu. Pada Kamis (18/3/2021), Astra Daihatsu Motor atau ADM mengumumkan Xenia, Terios dan Sirion juga kena recall.

Penyebabnya masih sama dengan saudara grupnya Avanza CS, yakni fuel pump yang diduga bermasalah. Pengumuman ini melanjutkan pernyataan recall yang sudah disampaikan TAM untuk 10 produk, termasuk Avanza dan Rush buatan ADM.

Recall fuel pump yang dilakukan ADM meliputi 53.246 Great dan Grand New Xenia produksi Oktober 2017-Juni 2019. Lalu All-New Terios 41.152 (unit produksi Desember 2017-Juni 2019) dan All New Sirion.

ADM menjelaskan, recall disebabkan risiko sistem komponen fuel pump dapat bekerja tidak semestinya. Salah satu bagian fuel pump disebut bisa mengembang lebih cepat daripada kondisi standar.

“Jadi kami harap konsumen segera menghubungi dealer terdekat,” kata Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/3/2021) dikutip dari CNNIndonesia. (CW-002)

BACA JUGA: Alex Asmasoebrata, Pebalap Nasional asal Tanjungsari Sumedang Tutup Usia

loading...

Komentar